SBMPTN 2015, Alternatif SNMPTN, Resmi Dibuka

11-05-2015 | | 0 Komentar

seleksi SNMPTN dan SBMPTN

SNMPTN atau singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu cara yang paling terkenal untuk mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri. Tiap tahunnya ribuan siswa berlomba-lomba agar dapat masuk ke perguruan tinggi negeri melalui metode ini. Tahun 2015 sendiri, para pelajar yang ingin melanjutkan kuliah ke PTN dapat mengikuti SNMPTN 2015 yang telah di laksanakan semenjak awal tahun 2015.

Tapi, bagi Anda yang ketinggalan SNMPTN ataupun tidak lulus SNMPTN, Anda tidak perlu khawatir masih ada SBMPTN 2015. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini mulai di buka pendaftarannya pada tanggal 11 Mei 2015. 

Apa Bedanya SNMPTN dan SBMPTN?

Kedua jenis metode baik SNMPTN maupun SBMPTN dilaksanakan bertujuan untuk menyaring para siswa pendaftar untuk dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri terkait. Terlihat memang sama, tetapi metode ini cukup berbeda. Perbedaan paling mendasar adalah pada cara penyaringan dan pengujiannya. Pada SNMPTN, para siswa akan disaring berdasarkan nilai secara akademis (raport, nilai ujian dan lain sebagainya). Sementara itu, SBMPTN memilih siswa mana yang di terima dengan cara memberlakukan ujian tertulis seperti ujian seleksi masuk pada umumnya.

Perbedaan selanjutnya yang tidak boleh di lupakan adalah para calon mahasiswa yang lulus seleksi masuk SNMPTN, biayanya akan di tanggung oleh pemerintah. Menarik bukan? Sementara itu, mereka yang lolos seleksi masuk melalui SBMPTN harus menanggung biaya mereka sendiri. Tidak heran nama SNMPTN jauh lebih terkenal di bandingkan SBMPTN.

SBMPTN 2015

Tapi bagaimanapun juga, tujuan utama dari kedua metode ini dan tujuan utama dari para pendaftar adalah untuk lolos seleksi masuk dan dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri pilihan mereka. Oleh karena itu, baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN, jika Anda memang berniat melanjutkan sekolah ke PTN, sebaiknya Anda coba saja selagi ada kesempatan.

SNMPTN 2015 sendiri sudah ditutup dan pilihan Anda yang masih belum menemukan PTN yang cocok untuk Anda mungkin adalah melalui SBMPTN. Jika Anda ingin mendaftar SBMPTN 2015, sebaiknya Anda cek terlebih dahulu syarat pendaftaran SBMPTN.

Berikut syarat pendaftaran SBMPTN 2015:

  • Memiliki Ijazah (siswa tahun 2013-2014) atau memiliki Surat Keterangan Lulus (untuk siswa yang baru lulus)
  • Sehat Jasmani & Rohani
  • Melakukan pendaftaran di http://pendaftaran.sbmptn.or.id/ dan melengkapinya dengan informasi yang jela.

Selanjutnya Anda harus mengiuti ujian tertulisan dan tes keterampilan. Jika nilai Anda mencukupi maka Anda dinyatakan lolos tes seleksi dan dapat melanjutkan pendidikan Anda di Perguruan Tinggi Negeri pilihan Anda.

Cepat daftar jangan sampai ketinggalan SBMPTN 2015. Info Selengkapnya cek https://sbmptn.or.id.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar