5 Tips dalam Manajemen Waktu

09-05-2015 | | 0 Komentar

gagal manajemen waktu

Kemampuan manajemen waktu tidaklah dimiliki oleh semua orang. Baik Anda ada di dunia kerja hingga Anda adalah seorang pelajar, Anda pasti bisa menemukan di sekitar Anda orang yang tidak dapat mengatur waktu mereka sendiri.

Kemampuan mengatur waktu sangatlah penting bagi kehidupan. Bagi seorang siswa sendiri, manajemen waktu dapat membantu meningkatkan peringkat dan nilai mereka di sekolah. Dengan mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah dengan tepat waktu, seorang siswa tentu akan dapat memahami suatu materi lebih efektif. Dan tentu saja dengan mengerjakan tugas tepat waktu, tidak ada yang namanya alasan lupa mengerjakan PR yang dapat berdampak ke nilai 0 (nol).

Jika Anda memiliki masalah dalam mengatur waktu Anda, cobalah lihat beberapa masalah umum yang terjadi dalam mengatur waktu dan bagaimana tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Buatlah Task Diary

Apakah Anda sering terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan rumah? Atau Anda selalu mulai mengerjakan pekerjaan rumah di waktu yang seharusnya Anda harus tidur? Akar masalah dari permasalahan ini adalah Anda tidak bisa memanajemen waktu dengan baik. Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah manajemen waktu ini adalah dengan membuat diari dari tugas-tugas Anda.

Apa itu diari tugas? Diari tugas (Task Diary) adalah kumpulan daftar aktivitas Anda sehari-hari yang Anda tulis dalam suatu buku. Dalam daftar tersebut Anda harus mengisi berbagai aktivitas dan membagi-baginya ke dalam kelompok-kelompok misalnya mana aktivitas yang menyita waktu dan lain sebagainya. Dengan hal ini, Anda dapat mengetahui aktivitas mana yang penting dilakukan dan mana yang dapat ditunda terlebih dahulu.

Selalu Buat Jadwal

Terkadang kita lupa akan suatu hal, misalnya saja terkadang kita lupa deadline pengumpulan suatu tugas. Hal yang cukup simpel tapi dapat berdampak buruk bagi nilai Anda di sekolah. Anda tidak mau kan mendapatkan nilai 0 (nol) karena lupa mengerjakan sesuatu.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat jadwal harian. Saat ini sudah sangat banyak aplikasi di komputer ataupun telepon pintar yang menyediakan penjadwalan. Anda dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk hal ini.

Gunakan Email Pengingat

Tips ini mirip dengan tips sebelumnya. Jika Anda aktif dalam email, cobalah gunakan fitur yang di sediakan oleh email Anda. Email seperti Yahoo!, Google Mail atau beberapa email lainnya biasanya menyediakan fitur kalender gratis. Fitur tersebut dapat secara otomatis mengirimkan email pengingat kepada Anda.

Memahami Penundaan

Penyakit dari tidak bisanya seseorang dalam memanajemen waktu adalah penundaan. Untuk mengatasi hal ini, harus muncul keinginan dalam diri Anda sendiri. Kunci dari mengatasi masalah penundaan adalah disiplin dan kebiasaan menunda penundaan. Anda harus melatih kedua hal tersebut.

Coba buat Rencana Terbalik

Terkadang siswa mengalami masalah dalam bagaimana memulai tugas atau pekerjaan rumahnya. Saat Anda melihat betapa banyak yang harus di kerjakan Anda mulai menyadari butuh banyak waktu dan hal-hal tidak menyenangkan yang harus Anda hadapi untuk menyelesaikan tugas sekolah Anda. Hal tersebut dapat berujung pada penundaan seperti masalah sebelumnya. Jika anda mengalami hal ini, cobalah ubah sudut pandang Anda dalam berpikir. Cobalah kerjakan dari paling ujung dan jangan dari awal. Terkadang masalah terberat saat mengerjakan tugas adalah saat memulainya. Setelah siswa berhasil memulai mengerjakan tugas, tidak jarang justru mereka menjadi asik dalam dunianya sendiri dalam mengerjakan tugas.

Kesimpulannya, pada intinya manajemen waktu adalah masalah kedisiplinan dan juga motivasi dan sudut pandang dalam otak seseorang. Jika seseorang dalam mengatasi masalah-masalah dalam dirinya ditambah sifat disiplin, mengatur waktu bukanlah suatu hal yang sulit.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar