Mengenal Jenis Kecerdasan pada Manusia

07-05-2015 | | 0 Komentar

kecerdasan pada manusia

Ada orang yang mampu membuat sebuah lagi yang indah, ada juga orang yang mampu menghafal tulisan di dalam sebuah buku dengan membacanya satu kali, ada yang mampu melukis dengan indah atau ada yang dapat menjadi pusat perhatian dari suatu kelompok. Setiap orang memiliki talenta dan kecerdasan yang berbeda-beda. Kecerdasan tersebut mungkin di dapat karena bawaan lahir ataupun melalui sejumlah proses kehidupan.

Kecerdasan pada manusia tidaklah sama setiap orangnya. Dengan mengetahui jenis kecerdasan, tentu saja kita dapat mengetahui cara belajar yang terbaik. Menurut teori Howard Gardner sendiri kecerdasan manusia dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Apa saja? Coba kita jabarkan dibawah.

Kecerdasan Linguistic

Orang-orang yang memiliki jenis kecerdasan ini akan dapat dengan mudah mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan kata, tulisan atau frasa tertentu. Mereka akan sangat menikmati aktivitas seperti membaca, bermain scrabble atau permainan kata lainnya dan juga berdiskusi. Jika Anda adalah orang dengan jenis kecerdasan ini cobalah belajar dengan menggunakan flashcard atau dengan membuat catatan. Anda juga dapat membuat jurnal atau diari harian tentang apa saja yang Anda pelajari hari ini.

Kecerdasan Logika

Ciri utama dari kecerdasan jenis ini adalah mereka memiliki logika yang kuat. Orang-orang ini hanya akan mempercayai sesuatu hal yang masuk di akal. Orang dengan kecerdasan logika sangat mudah mengerti pelajaran yang berhubungan dengan angka, persamaan dan logika. Mereka dapat menghabiskan banyak waktunya untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan logika. Jika Anda adalah orang dengan jenis kecerdasan ini, cobalah belajar dengan menggunakan angka dan grafik dan buat catatan dengan kategori-kategori tertentu.

Kecerdasan Spasial

Jika Anda mudah membayangkan sesuatu dan menuangkannya ke dalam sebuah seni, Anda adalah orang yang memiliki kecerdasan spasial.– Orang-orang dengan kecerdasan ini cenderung kreatif dan sangat menyukai hal-hal yang berbau visual seperti menonton film ataupun melihat pemandangan. Cara belajar yang tepat untuk Anda yang memiliki tipe kecerdasan ini adalah dengan membuat catatan dengan gambar. Penggunaan grafik juga sangat efektif untuk di gunakan.

Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik berhubungan dengan kecerdasan dalam menggunakan aktivitas fisik. Orang-orang dengan kecerdasan ini akan sangat mudah mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan fisik seperti permainan olahraga. Cara belajar yang dapat membantu orang dengan kecerdasan kinestetik adalah dengan melakukan eksperimen langsung atau dengan membayangkan konsep yang perlu di hafal.

Kecerdasan Bermusik

Sesuai dengan namanya, orang dengan kecerdasan ini akan sangat baik dalam hal irama dan ketukan. Mereka akan sangat senang dalam mendengarkan musik ataupun mendatangi konser dan mudah dalam membuat lagu. Membuat jembatan keledai atau mengubah lirik musik dengan materi yang perlu di hafal adalah salah satu strategi yang baik dalam belajar untuk orang-orang yang memiliki kecerdasan ini.–

Kecerdasan Interpersonal

Mereka dengan kecerdasan interpersonal sangat baik dalam membangun hubungan relasi dengan orang lain. Orang-orang dengan jenis kecerdasan ini akan sangat senang mengobrol dengan teman mereka, mengunjungi pesta ataupun bercerita dengan orang lain. Strategi belajar yang tepat untuk orang dengan kecerdasan ini adalah dengan berdiskusi di grup atau dengan membuat kuis.

Kecerdasan Intrapersonal

Kebalikan dari kecerdasan interpersonal, orang-orang dengan kecerdasan intrapersonal lebih suka menyendiri saat belajar. Mereka tidak akan bisa belajar saat ada yang mengganggunya. Oleh karena itu orang-orang jenis ini akan lebih mudah belajar di tempat yang sepi dan hanya ada dirinya sendiri di ruangan tersebut.

Setiap manusia pada dasarnya memiliki semua jenis kecerdasan tersebut. Namun, setiap manusia hanya menonjol pada satu atau beberapa jenis kecerdasan diatas. Jadi, yang manakah jenis kecerdasan Anda?


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar