Apakah Anda Guru yang Ideal?

05-05-2015 | | 1 Komentar

guru yang ideal

Semua guru tidak diciptakan sama. Setiap guru memiliki keunikannya sendiri-sendiri baik secara kepribadian, gaya mengajar hingga bagaimana cara mereka mengatur kelasnya. Namun dari sudut pandang siswa, guru hanya terbagi menjadi dua bagian yaitu guru yang ideal dan guru yang membosankan.

Jika Anda adalah seorang guru, cobalah lebih mengenal apa yang dibutuhkan oleh seorang siswa dari gurunya. Siswa akan lebih senang dengan guru yang simpel dan efektif dibandingkan yang hanya menjelaskan materi yang ada di buku saja. Untuk mengetahui selengkapnya apakah Anda guru yang ideal bagi siswa, cobalah lihat harapan-harapan para siswa terhadap gurunya berikut ini.

  • Siswa mengharapkan guru yang mendedikasikan dirinya untuk berpikir maju ke depan. Tidak hanya siswa yang belajar, tetapi guru pun juga harus belajar. Baik dari cara mengajar, mengatur kelas dan sebagainya. Salah satu parameter guru yang ideal adalah mereka harus selalu berpikir bagaimana caranya membuat kelasnya semakin baik. Mereka akan terbuka menerima kritik dan masukan baik dari sesama guru, orang tua murid maupun siswa-siswinya sendiri.
  • Guru yang ideal adalah guru yang mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap murid-muridnya. Mereka akan meningkatkan kelebihan siswa-siswinya dan menutupi kekurangan mereka. Guru seperti ini akan mendorong kemampuan para siswa-siswinya ke potensi yang paling maksimal.
  • Para siswa-siswi di sekolah berhak mendapatkan guru yang menghargai waktu di dalam kelas sehingga memulai pelajaran dan mengakhiri pelajaran selalu tepat waktu. Tidak ada waktu yang dipakai untuk hal yang tidak berguna. Persiapan sebelum mengajar sangat penting dilakukan untuk mendapatkan proses belajar mengajar yang maksimal di kelas.
  • Guru yang ideal wajib memiliki selera humor yang pas dengan siswa-siswinya. Kelas akan sangat membosan kan dan tidak efektif jika seorang guru bersikap kaku. Humor dapat membuat diskusi di kelas lebih menarik.
  • Seorang guru yang baik akan mendukung selalu apa yang dilakukan siswa-siswinya termasuk kegiatan ekstrakurikuler atau saat siswa-siswinya mendapat suatu masalah. Saat siswa menghadapi masalah, guru harus selalu mendengarkan dan mencoba membantu menyelesaikan masalah mereka.
  • Salah satu parameter guru yang ideal adalah guru tersebut harus mampu menjawab pertanyaan siswa-siswinya. Mungkin Anda belum tahu jawabannya atau Anda belum yakin 100% dari jawaban tersebut, tapi cobalah untuk menjawab sebisa Anda dan carilah jawabannya jika Anda tidak tahu. Kegiatan belajar-mengajar itu tidak selamanya guru harus benar.
  • Guru yang ideal akan berkolaborasi dengan para staf dan guru disekolah serta orang tua murid dalam memaksimalkan proses belajar siswa-siswinya.
  • Sebagai guru yang baik, mereka sangat menghargai proses bukan hasil. Mereka percaya hasil yang baik akan di dapat dari proses yang baik. Terkadang nilai dari ujian ataupun PR bukanlah segalanya. Mereka mengerti keunikan ari tiap siswa-siswinya dan hal tersebut lebih penting dibandingkan nilai ujian.
  • Guru yang ideal bersikap adil dan tidak pilih kasih. Mereka menghukum yang salah dan memberi apresiasi yang berprestasi. Mereka akan menjadi orang terdepan saat siswa-siswinya mendapat masalah.
  • Dan yang terakhir, tapi di Indonesia belum terlalu di perlukan. Gurau yang ideal mengerti akan teknologi. Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat mulai masuk ke dalam dunia pendidikan. Di masa yang akan datang dibutuhkan guru-guru yang mampu memanfaatkan sumber daya di internet (dunia digital).

Anda seorang guru? Apakah Anda sudah memenuhi kriteria guru ideal dari sudut pandang siswa-siswi diatas?


Share Artikel ini di Sosial Media

Login untuk memberikan komentar
ASSIDIK WIBOWO 04-03-2016 | 19:17 WIB
TERIMA KASIH ATAS ILMUNYA, MUDAH-MUDAHAN BERKAH