Belajar Bahasa Jepang Susah atau Gampang?

23-04-2015 | | 0 Komentar

Belajar bahasa jepang

Bahasa Jepang di Dunia

Budaya Jepang telah lama berkembang di negara-negara Asia bahkan hingga Eropa. Indonesia pun tidak terlepas dari pengaruh budaya Jepang. Banyak orang Indonesia yang menyukai kultur dan budaya Jepang seperti komik Jepang (manga), anime, fashion dan sebagainya. Tidak jarang ada orang Indonesia yang bercita-cita untuk dapat belajar lebih banyak tentang budaya Jepang secara langsung di negara tersebut.

Bahasa Jepang sendiri sudah banyak di gunakan dan menjadi salah satu bahasa yang populer di dunia. Pada tahun 2003 saja ada sekitar 2,3 juta orang di seluruh dunia yang mempelajari bahasa Jepang. Dan, angka tersebut terus bertambah tiap tahunnya. Sebagian besar adalah orang dari China dan Korea. 

Namun, bagi mereka yang ingin belajar ke Jepang, ada kendala utama dalam mewujudkan cita-citanya tersebut yaitu bahasa. Dengan penggunaan huruf yang berbeda dari Indonesia yang berupa alphabet, bahasa Jepang di nilai sulit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tapi apakah benar bahasa Jepang adalah bahasa yang sulit?

Gampang / Sulit?

Jika dilihat dari sudut pandang linguistik, sebenarnya bahasa Jepang dianggap sebagai salah satu bahasa yang mudah untuk di pelajari oleh pemula. Bahasa ini memiliki skema pengucapan yang sederhana dan hanya memiliki sedikit pengecualian dalam tata bahasanya. Batasan dalam struktur kalimatnya juga sedikit. Bagian yang paling sulit dari bahasa Jepang sendiri adalah pada bagian membaca dan menulis.

Dalam menggunakan bahasa Jepang kata dan kalimat berbeda tergantung dari pembicara. Kata saya misalnya di ucapkan berbeda olah pria, wanita ataupun anak-anak. Bagian yang paling membuat orang bingung adalah perbedaan kata dalam bahasa Jepang tergantung lawan bicara. Orang Jepang memang terkenal dengan budaya hormatnya. Oleh karena itu pada saat berbicara dengan orang lain, bahasa yang di gunakan harus mengikuti relasi antara pembicara dan lawan bicaranya. Salah satu bagian yang sulit dalam bahasa Jepang, ada kata-kata yang di ucapkan sama tetapi memiliki arti yang berbeda.

Jika melihat bahasa Jepang yang seperti itu, pasti kita akan berpikir bahwa bahasa Jepang adalah bahasa yang sulit. Namun, nyatanya turis ataupun ekspatriat yang pergi ke Jepang mengatakan bahwa bahasa Jepang tidaklah sesulit yang di bayangkan. Bahkan hanya dalam satu tahun saja, ada yang bisa menguasai bahasa Jepang dengan lancar.

So, bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa Jepang, tidak perlu khawatir. Sudah banyak orang yang mengatakan bahasa Jepang tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang sulit dan lebih sulit daripada bahasa Jepang. Jika Anda mampu menguasai bahasa Indonesia, tentu saja Anda juga pasti bisa menguasai bahasa Jepang kan.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar