Hal-hal yang Dapat Mengganggu Konsentrasi saat Belajar

20-04-2015 | | 0 Komentar

tidak dapat berkonsentrasi

Saat belajar, baik di kelas maupun di rumah, hal yang terpenting adalah konsentrasi saat belajar. Dengan berkonsentrasi, belajar akan lebih mudah dan cepat di lakukan. Pelajaran akan lebih mudah di pahami. 

Namun, otak manusia tidak dapat selalu berkonsentrasi. Banyak hal yang membuat otak manusia tidak dapat berkonsentrasi secara maksimal sehingga dapat mengganggu kegiatan belajar Anda. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja yang membuat konsentrasi seorang siswa terganggu.

Hal-hal yang Mengganggu Konsentrasi saat Belajar

Kurang tidur. Kelelahan karena kurang tidur adalah penyebab paling umum mengapa seorang siswa sulit saat berkonsentrasi mengikuti pelajaran di kelas. Banyak siswa yang menunjukkan masalah fisik dan emosional saat mereka kurang tidur sehingga hal tersebut mengganggu aktivitas belajar mengajar di kelas. Untuk mengatasi masalah ini, jangan pernah tidur kurang dari 8 jam. Dengan tidur minimal 8 jam sehari, otak dan tubuh akan terasa lebih segar sehingga otak dapat lebih berkonsentrasi mengikuti pelajaran.

Kecemasan. Rasa cemas juga dapat menjadi salah satu penyebab siswa sulit berkonsentrasi. Setiap orang pasti pernah menghadapi masalah yang berat yang membuat rasa cemas muncul. Mungkin Anda memiliki masalah dengan teman Anda di kelas, atau Anda memiliki masalah keluarga. Hal-hal tersebut dapat menumbuhkan rasa cemas yang dapat mengganggu kegiatan di dalam kelas. Jika Anda mengalami rasa tertekan karena sesuatu, cobalah selesaikan masalah tersebut secepat mungkin. Atau Anda dapat berbicara kepada guru BP. Mungkin beliau dapat membantu menyelesaikan masalah Anda.

Terlalu bersemangat. Bersemangat bukanlah hal yang buruk, tetapi jika terlalu bersemangat, hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi. Mungkin Anda mendapatkan kabar yang menyenangkan seperti Anda akan berlibur ke luar negeri. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa semangat yang berlebihan. Jika Anda tidak dapat menguasai diri, Anda dapat masuk ke dalam dunia lamunan Anda. Pastikan Anda tidak terlalu bersemangat, setidaknya sampai Anda menyelesaikan kegiatan belajar di sekolah.

Pacar. Mungkin ada benarnya orang tua jaman dulu yang melarang anaknya untuk berpacaran. Memiliki pacar dapat memecah konsentrasi saat belajar. Saat Anda di rumah dan Anda ingin belajar, tiba-tiba ada pesan dari pacar yang masuk ke gadget Anda. Hal tersebut tentu mengganggu konsentrasi belajar yang ingin Anda bangun. Tapi tidak semuanya buruk, jika Anda memiliki pasangan yang sangat mendukung dalam kegiatan akademis, hal ini justru dapat menjadi pemicu Anda untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi.

Diet. Tubuh membutuhkan asupan makanan yang cukup agar otak dapat berpikir dengan maksimal. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan karena diet, hal tersebut akan berdampak pada permasalahan fisik dan mood (emosi) seseorang. Dan tentu saja pada akhirnya diet membuat seorang siswa tidak dapat berkonsentrasi untuk belajar dengan maksimal.

Bosan. Hal ini juga adalah penyebab utama dari siswa yang tidak dapat berkonsentrasi. Kurangnya motivasi untuk belajar akan membuat siswa malas untuk belajar. Selain itu, guru juga dapat menjadi penyebab hal ini. Guru yang kurang kreatif dapat membuat para siswa bosan. Bayangkan Anda mendengarkan penjelasan guru selama 2 jam. Tentu membosankan bukan?


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar