Tips Agar tidak Mengantuk di Kelas

19-04-2015 | | 0 Komentar

mengantuk di kelas

Tidur di kelas adalah hal yang paling memalukan di kelas. Apalagi saat Anda tidur dengan mendengkur dengan keras di tambah lagi Anda di tegur oleh guru atau dosen. Pasti hal tersebut akan menjadi momen memalukan yang tidak bisa kamu lupakan seumur hidup. Selain memalukan, tidur di kelas membuatmu kehilangan berbagai informasi pelajaran yang penting yang dapat berdampak ke nilaimu.

Mungkin mengantuk di kelas dapat terjadi karena siswa kurang tidur. Tapi tidak jarang siswa mengantuk di kelas karena kesalahan seorang guru. Guru yang menjelaskan pelajaran dengan intonasi yang datar dan kurang kreatif dalam menjelaskan sesuatu dapat membuat siswa mengantuk. Tapi apapun alasannya mengantuk di kelas bukanlah sesuatu yang baik. Nah, apa yang dapat kita lakukan jika mengalami hal tersebut?

Tips Mencegah Kantuk di Sekolah

Cuci muka dan minum air dingin. Saat Anda merasa mengantuk saat di kelas cobalah untuk minum air. Minum air dapat menyegarkan kondisi tubuh yang mengantuk. Cobalah juga minta ijin untuk  ke toilet dan cuci muka Anda dengan air dingin. Tidak ada cara yang lebih cepat untuk menyegarkan diri selain mencuci muka dengan air dingin.

Lepaskan sweater Anda. Semakin nyaman Anda di kelas, semakin mudah Anda mengantuk. Mungkin udara di kelas dingin sehingga Anda harus menggunakan sweater, tapi cobalah lepaskan sweater Anda. Rasakan dinginnya udara di ruangan yang dapat membuat tubuh Anda tidak nyaman. Udara dingin dapat membuat rasa kantuk berkurang.

Makan permen. Jika kelas Anda memperbolehkan untuk memakan permen, cobalah lakukan hal tersebut. Permen yang paling cocok untuk menghilangkan rasa mengantuk adalah permen mint. Selain itu, permen dengan aroma lemon dan rasa asam juga dapat membangkitkan semangat sehingga rasa kantuk akan berkurang. Semakin kuat rasa dan aromanya akan semakin baik.

Jangan minum minuman yang mengandung gula. Minuman yang mengandung gula dapat menyebabkan siswa mengantuk. Oleh karena itu, tidak perlu membawa minuman seperti coca cola atau fanta, cukup bawa air putih ke dalam kelas.

Duduk dekat jendela. Sinar matahari dapat membantu Anda menjadi lebih segar. Dengan berada di dekat jendela, Anda dapat melihat dan merasakan indahnya sinar matahari. Hal tersebut juga dapat membantu Anda mengurangi rasa mengantuk.

Aktif di Kelas. Saat mengantuk cobalah lebih aktif di kelas, misalnya dengan bertanya pada guru. Dengan bergerak seperti bertanya dapat membuat otak akan bekerja dan rasa kantuk akan hilang dalam sekejap. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan penilaian guru terhadap keaktifanmu di dalam kelas.

Cubit diri sendiri. Orang-orang sering mengatakan bahwa mencubit diri sendiri dapat menghilangkan rasa mengantuk. Cobalah mencubit daerah sekitar telinga atau bagian punggung tangan ketika mulai mengantuk.

Jangan begadang. Salah satu penyebab utama dari mengantuk di kelas, biasanya adalah karena kurang cukup tidur. Entah karena ada acara malam di televisi yang menarik atau alasan lainnya, jangan begadang jika tidak di perlukan. Buatlah jadwal tidur dan lakukanlah secara disiplin.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar