Kesalahan Umum yang Harus Di Hindari saat Ujian

19-04-2015 | | 0 Komentar

kesalahan saat ujian

Seorang siswa tidak akan pernah terlepas dari yang namanya ujian, baik itu ujian biasa atau ujian nasional. Ujian selalu menjadi sesuatu yang membuat para siswa tegang. Pada saat ujian, siswa seringkali melakukan kesalahan yang sebenarnya tidak perlu. Kesalahan-kesalahan tersebut sebenarnya simpel tetapi dapat berdampak pada nilai siswa tersebut. Apa saja kesalahannya? Lihat kesalahan umum yang harus di hindari saat ujian oleh siswa berikut ini.

Kesalahan Siswa saat Ujian

Jawaban KosongTidak ada yang salah jika Anda melompati pertanyaan yang sulit dengan tujuan menjawab pertanyaan yang lebih mudah terlebih dahulu. Anda dapat kembali lagi ke pertanyaan yang sulit lagi nanti. Tapi, seringkali siswa lupa ada pertanyaan yang belum di jawabnya sehingga jawaban kosong. Baik Anda lupa menjawab atau tidak tahu harus menjawab apa, jangan biarkan sebuah soal tidak ada jawabannya. Jika soal tersebut pilihan berganda, pilihlah salah satu jawaban, jika soal berbentuk esai cobalah untuk berusaha menjelaskan sebisa Anda. Jawaban kosong selalu salah, tetapi jika Anda menjawab pertanyaan belum tentu salah 100%. Solusi: setiap kali ada jawaban yang di lompati, tandai

Menjawab Pertanyaan dua Kali. Hal ini sering terjadi saat pilihan berganda. Terkadang siswa menjawab pertanyaan dengan dua jawaban yang membuat guru bingung dalam menilai. Mungkin siswa lupa karena ingin mengganti jawaban atau siswa teledor karena terburu-buru waktu. Solusi: review kembali pekerjaan sebelum mengumpulkan ujian, pastikan tidak ada jawaban yang ganda

Salah Melingkari/Menyilang Jawaban. Siswa yang panik sering melakukan kesalahan. Tidak terlepas juga saat menjawab pertanyaan pilihan berganda. Mungkin siswa tersebut tahu jawabannya, tetapi saat menyilang atau melingkari jawaban, tidak sesuai dengan jawaban yang dia dapatkan. Hal yang simpel tapi bisa berdampak ke nilai seorang siswa. Solusi: Review kembali pekerjaan Anda setelah menjawab pertanyaan.

Salah Belajar Topik Pelajaran. Kesalahan ini juga sangat sering terjadi di lingkungan sekolah. Siswa salah mempelajari topik yang akan di ujikan, hasilnya siswa tidak dapat menjawab pertanyaan ujian dengan maksimal. Solusi: Selalu tanya dan pastikan topik yang menjadi soal ujian kepada guru, dan jangan lupa buat catatan jadwal yang baik khususnya jadwal ujian.

Manajemen Waktu yang Salah. Ketika siswa terlalu tegang dalam mengerjakan tugas, dan ternyata masih ada beberapa soal yang di loncati dan guru mengatakan bahwa waktu ujian tinggal 5 menit. Hasilnya siswa menjadi terburu-buru dan tidak maksimal dalam mengerjakan soal. Hal tersebut adalah salah satu bentuk kesalahan siswa dalam mengatur waktu mereka dalam mengerjakan soal ujian. Solusi: Selalu perhatikan waktu ujian dan buatlah jadwal berapa lama yang Anda perlukan untuk menjawab satu soal. Jika telah melewati waktu tersebut, sebaiknya loncati terlebih dahulu soal yang memakan waktu tersebut.

Salah Memahami Arahan soal. Saat soal mengatakan bandingkan, dan ternyata siswa salah memahaminya dan menjawab definisi dari soal. Akibatnya jawaban siswa tersebut salah karena tidak sesuai dengan pertanyaan dari soal tersebut. Solusi: Harus lebih memahami soal yang Ada, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan maksud dari soal.

Berpikir Terlalu Lama. Anda mungkin sudah mendapatkan jawabannya, tetapi Anda masih ragu dengan jawabannya dan berpikir terlalu lama untuk satu soal tersebut. Jangan lakukan hal ini, ingat waktu ujian terus berjalan. Solusi: Jawab terlebih dahulu apa yang Anda dapat pertama, lalu selesaikan semua soal dengan cepat. Jika masih ada waktu, Anda dapat mereview soal yang masih membuat Anda ragu.

Masalah Peralatan Sekolah. Anda sudah siap secara mental untuk mengerjakan soal ujian. Anda juga yakin dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan. Tetapi masalah mulai muncul saat pensil Anda patah atau pulpen Anda tidak berfungsi dengan baik. Atau Anda lupa membawa kalkulator saat ujian matematika. Solusi: Selalu membawa peralatan sekolah dengan lengkap dan jangan lupa bawa cadangannya.

Lupa menulis nama. Salah satu hal yang simpel, tetapi dapat berdampak buruk pada nilai ujian Anda. Jika tidak ada nama bagaimana mungkin guru dapat memberikan nilai tersebut kepada Anda. Solusi: Selalu pastikan dan biasakan menulis nama sebelum mengerjakan soal.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar