Yang Mana Otak Dominan Anda? Otak Kiri atau Kanan?

12-04-2015 | | 0 Komentar

otak kiri vs otak kanan

Mana otak yang lebih dominan pada otak Anda? Otak kiri atau otak kanan? Para peneliti telah lama melakukan berbagai penelitian terhadap otak manusia. Organ yang satu ini memang menakjubkan karena menjadi pusat informasi bagi kehidupan manusia. Seperti yang kita ketahui, otak manusia terbagi menjadi otak kiri dan otak kanan di mana masing-masing memiliki tugas dan fungsinya sendiri. Para peneliti tertarik untuk mengetahui fungsi pada kedua otak tersebut.

Menurut penelitian, manusia biasanya memiliki otak yang dominan di antara yang sebelah kiri ataupun sebelah kanan. Penelitian terbaru menemukan bahwa orang-orang yang dominan dengan otak kirinya ternyata memproses informasi dan meresponnya dengan cara yang berbeda dengan orang-orang yang dominan otak kanan.

Kebanyakan teori mengatakan bahwa otak kanan berhubungan dengan intuisi dan emosional sehingga orang-orang yang dominan otak kanan akan cenderung berpikir menggunakan emosi dan intuisi. Sementara itu sebaliknya otak kiri berhubungan dengan logika dan urutan sehingga orang-orang yang dominan otak kiri akan cenderung berpikir dan bertindak logis.

Dengan mengetahui adanya perbedaan cara berpikir dan mengolah informasi tentu saja hal tersebut akan berdampak pada perbedaan pada cara belajarkemampuan belajar, dan juga kebiasaan. Oleh karena itu dengan mengenal jenis otak mana pada diri kita tentu akan dapat di jadikan strategi kita dalam mengatur metode belajar yang cocok untuk diri kita.

Cara Mengetahui Otak Mana yang Dominan

Saat Anda bosan di kelas, apakah Anda sering melihat jam dinding saat di kelas? Atau Anda hanya diam dan bengong menunggu bel sekolah berbunyi? Jika Anda sering melihat jam dinding saat Anda bosan di kelas, kemungkinan Anda memiliki otak kiri sebagai otak yang dominan. Mengapa? Orang-orang dengan otak kiri akan lebih terorganisir, mereka akan melihat jam dinding kemudian mereka akan mengolah informasi tersebut dan memprosesnya secara berurutan.

Tipe orang yang dominan otak kiri juga cenderung lebih patuh terhadap aturan dan jadwal. Mungkin itu sebabnya mereka biasanya lebih pintar di mata pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan. Mereka dapat menjawab soal matematika dengan cepat.

Sementara itu, jika Anda sering bengong dan mengkhayal saat bosan menunggu bel sekolah berbunyi kemungkinan Anda memiliki otak kanan yang dominan. Orang dengan otak kanan adalah seorang pemikir, bahkan kadang mereka dapat tenggelam di dunianya sendiri. Mereka cenderung mengikuti intuisi mereka saat di hadapkan dalam suatu pilihan. Jangan coba-coba berbohong pada orang yang memiliki otak kanan dominan karena mereka dapat mengetahui mana yang berbohong dan mana yang jujur. Orang-orang ini akan cenderung lebih pintar dalam mata pelajaran sosial dan kesenian.

Lalu mana yang lebih baik orang dengan otak kanan atau otak kiri? Jawabannya adalah tidak ada yang lebih baik. Setiap orang berbeda dan memiliki kepribadian gabungan dari kedua jenis otak tersebut. Namun tentu akan lebih baik jika manusia memiliki kelebihan-kelebihan dari otak kiri dan otak kanan. Oleh karena itu biasanya ada yang menyebutkan memiliki otak kiri dan kanan yang seimbang adalah yang terbaik. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena memilik salah satu otak yang dominan bukanlah hal yang buruk. Yang lebih penting dari itu semua adalah bagaimana kita memanfaatkan otak dengan baik.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar