Bagaimana Jika Teman Satu Kelompok Malas?

11-04-2015 | | 0 Komentar

tugas belajar kelompok

Jika kamu belum pernah mendapatkan teman satu grup yang malas, mungkin kamu adalah orang yang paling beruntung di dunia. Guru sering membuat grup untuk membahas suatu topik pelajaran tertentu. Biasanya tim kerja kelompok akan di bagi ke dalam 3 orang atau lebih dalam satu kelompok. Semakin banyak anggota biasanya akan terlihat semakin banyak anggota grup yang malas.

Banyak alasannnya mereka malas, mungkin terlalu banyak anggota atau suara mereka yang tidak di dengar saat diskusi kelompok atau memang mereka adalah pemalas. Namun apapun alasannya, memiliki teman satu kelompok yang malas adalah hal yang menyebalkan. Nilai pun tidak dapat menjadi maksimal dengan adanya orang tersebut. Lalu apa yang harus di lakukan saat menemukan orang seperti itu? Apa harus tinggal diam saja? Coba ikuti beberapa tips berikut saat Anda mendapatkan tim yang malas untuk bekerja kelompok.

Tips Mendapat Teman Satu Kelompok yang Malas

Tetap bersemangat dan berikan contoh yang baik pada mereka. Temen Anda yang pemalas mungkin sebenarnya tidaklah seburuk yang Anda bayangkan. Mungkin mereka hanya kurang tertarik dengan topik atau dia merasa tenggelam di dalam kelompok sehingga dia lebih baik diam di bandingkan memberikan kontribusi yang cenderung kurang di dengar. Cobalah tanyakan pendapat mereka tentang topik-topik yang menjadi pembahasan kelompok. Coba motivasi dia untuk menjadi lebih bersemangat. Ingat sifat bersemangat dapat menular.

Cobalah untuk memberikan hadiah atau reward. Cobalah melakukan kerja kelompok di tempat yang menyenangkan dan tentukan hadiah jika kelompok telah mencapai target tertentu. Mungkin Anda bisa mentraktir kelompok sebuah kue atau Anda bisa meminta teman tim Anda yang bisa membuat kue. Reward biasanya dapat memotivasi orang yang malas saat bekerja.

Buatlah peraturan kelompok yang jelas. Tidak perlu terlalu tegas yang menyudutkan mereka, tetapi setidaknya kelompok Anda harus memastikan peraturan tersebut dapat di terima oleh seluruh anggota kelompok. Terutama buatlah peraturan terhadap waktu bekerja dan deadline menyelesaikan tugas kelompok tersebut. Jika semua anggota setuju dengan peraturan, tentu saja temanmu yang pemalas mau tidak mau harus mengikuti peraturan yang ada.

Pecah tugas yang besar menjadi tugas yang kecil-kecil dan di bagikan kepada seluruh kelompok. Dengan hal ini tentu tugas akan lebih mudah untuk di kerjakan. Selain itu, pantau terus perkembangan pekerjaan temanmu yang pemalas. Pastikan dia mengerjakan tugasnya dengan benar. Jika kamu menemukan bukti dia tidak mengerjakannya, jangan takut untuk menegurnya dan berikan bukti bahwa mereka bermalas-malasan.

Bagaimana Jika Tips tersebut tidak Berhasil?

Jika tips-tips tersebut tidak berhasil, mungkin Anda dapat mengambil kesimpulan, teman Anda memang adalah pemalas yang sebenarnya. Cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendiskusikannya dengan teman Anda dan memberitahukan hal ini kepada guru Anda. Tidak perlu takut, karena Anda tidak melakukan hal yang salah.

Bagaimana jika guru tidak bertindak apa-apa? Tidak perlu Anda pusingkan, dunia ini memang tidak selalu adil. Tetaplah berpikir positif dan fokus dalam menyelesaikan tugas kelompok yang ada. Tidak ada gunanya Anda terlalu mengkhawatirkan masalah seperti ini.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar